Jumat, 16 November 2012

Bank Indonesia Himbau Masyarakat Laporkan Penipuan yang Menggunakan Dalih Transfer Uang Via SMS

Bank Indonesia meminta kepada Pihak Perbankan agar menindak lanjuti laporan masyarakat dengan mengambil tindakan agar Masyarakat terhindar dari penipuan berkedok SMS Transfer.  
Berikut ini adalah dari Kompasiana 7 Oktober 2012.


Laporkan ke Nomor Ini Bila Mendapatkan SMS Meminta Transfer Mencurigakan

http://hukum.kompasiana.com/2011/10/07/laporkan-ke-nomor-ini-bila-mendapatkan-sms-meminta-transfer-mencurigakan/

Dari beberapa  Media  yang patut dipercaya mengabarkan siang ini Jum'at ( 7 Oktober 2011 ) bahwa Bank Indonesia dan 12 Bank Nasional yang  bergabung didalam Working Group Mediasi Perbankan ( WGMP) sepakat untuk berperang melawan Praktek Penipuan yang berkedok melalui SMS yang meminta sejumlah Uang untuk di transfer melalui rekening yang sudah ditentukan oleh seseorang atau sekelompok Orang yang berniat Jahat.

Adapun 12 Bank Nasional yang dimaksud adalah, Bank Mandiri,Bank Rakyat Indonesia,  Bank Negara Indonesia, CIMB Niaga, Bank Central Asia, Bank Mega, Bank Permata, OCBC NISP, Danamon, BII, Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri.

Bank Indonesia dan 12 Bank Nasional tersebut telah sepakat dengan komitmen untuk melakukan kerjasama secara Preventif ( Pencegahan ) untuk melindungi Nasabah bank dari upaya para penipu lewat SMS yang meminta Transfer Uang.

Bank Indonesia telah menghimbau untuk melaporkan Penipuan yang menggunakan dalih Transfer Uang Via SMS. Bank Indonesia meminta kepada Pihak Perbankan agar menindak lanjuti laporan masyarakat dengan mengambil tindakan agar Masyarakat terhindar dari penipuan berkedok SMS Transfer.

Bila Anda mendapatkan SMS yang Anda tidak kenali pengirimnya dan mencurigkana yang menyuruh untuk melakukan Transfer Uang ke Rekening yang telah ditunjuk Oleh Pengirim SMS, apalagi kalau Anda sudah terlanjur mengirim uang dan baru menyadarinya,   maka secepatnya menghubungi Call Center yang telah disiapkan oleh 12 Bank Nasional yang telah bekerjasama untuk menerima Pengaduan Anda agar bisa dicegah.

Untuk itu dibawah ini tertera Call Center Yang bisa  Anda hubungi ( di kutip dari Vivanews ) :

- Halo BCA: 500888 atau 021-500888 via ponsel

- Bank Mandiri: 14000 atau 021-52997777.
- BRI: Call BRI 14017 atau 500017
- Bank Muamalat: Salammuamalat 500016 atau 021-500016 melalui ponsel.
- BNI Call 500046
- Danamon Acces Center: 021-34358888 atau via ponsel 67777
- Call OCBC NISP: 500999 atau 66999 melalui ponsel.
- Call Center Bank Niaga: 14041
- Bank Mega: 021-79175555
- Bank Syariah Mandiri: 021-52997755
- BII: 021-78869811
- Bank Permata: 500111.

Tetap harus waspada baik ketika menerima SMS Transfer, Waspadalah dan segera tindak lanjuti bila SMS yang Anda terima mencurigakan karena pengirimnya belum Anda kenali, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Redaksi Cumi Besar: 
Kalau masyarakat mau bergerak aktif melapor maka ruang gerak penipu tersebut lama-kelamaan akan tambah sempit. Sekarang sudah ada instrumennya, mari kita kompak. Mari kita lapor. Semakin banyak laporan, semakin kemungkinan laporan yang banyak dari kita akan ditindak. Jaman sekarang sudah tidak seperti dulu. Penipuan ini tidak bisa didiamkan. Sudah banyak korban. 

Penipu semuanya memanfaatkan celah kita, masyarkat Indonesia, sudah malas, merasa capek repot untuk melapor, karena kita sudah kehilangan kepercayaan kepada instansi Polisi. Kelemahan kita sudah harus dihilangkan. 

Jangan salah, kali ini ranahnya berada di Bank Indonesia sebagai pemimpin Bank yang ada di Indonesia. Melapor ke Bank akan dipermudah. Ayo, sekali lagi, jangan biarkan mereka lenggang menyarang kita sebagai korban.

Tidak ada komentar: