Kamis, 23 Agustus 2012

HOAX: Makan Bayam dan Tahu Bersamaan Menimbulkan Kista (Pembohongan Publik)

Ya, lagi-lagi hoax. Ada berita bahwa tahu dan bayam tidak boleh dimakkan bersamaan karena dapat menyebabkan kista. Dengan kata-kata indah pada akhir penutup, kita dengan mudahnya langsung meneruskan informasi pesan tersebut tanpa mengecek kebenaran informasi tersebut.

Begini penelusuran atas faktanya:
- Nama dokter adalah nama Rekaan.
- Konten berita sudah pasti salah, tidak benar sama sekali karena tidak ada publikasi ilmiah yang mendukung pernyataan ini dari dalam negeri maupun jurnal ilmiah luar negeri.

Pertimbangan :
- http://groups.yahoo.com/group/desentralisasi-kesehatan/message/9238 »»»»» (Informasi dari milis Desentralisasi Kesehatan)
- http://health.dir.groups.yahoo.com/group/dokter-ina/message/10305 »»»»» (Informasi dari milis Dokter Indonesia)
- http://www.google.com/search?q=Tidak+disarankan+makan+bayam+%26+tahu+bersamaan,+karena+jika+digabungkan+akan+membentuk+senyawa+yg+bisa+mengakibatkan+terbentuknya+batu+/+kista+dalam+tubuh.&hl=en&client=ms-rim&channel=browser&prmd=ivns&ei=QwE1UP-JB4nMrQeCxYCQCA&start=0&sa=N »»»»» (Informasi dari penelusuran internet via Google)

Berikut ini cuplikan berita bohong yang terus bergulir di masyarakat via email maupun messenger, baru saja diterima redaksi, 30 menit yang lalu via blackberry messenger (BBM):
------------- copy paste hoax -------------
- dr.Eka Avicenna :
Tidak disarankan makan bayam & tahu bersamaan,
karna jika digabungkan akan membentuk senyawa yg bisa mengakibatkan terbentuknya batu / kista dalam tubuh.
- Hasil penelitian Prof. Dr. Asbudi,SPOG
Jangan makan timun saat haid karna bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 hari dapat menyebabkan kista &kanker rahim.
Alangkah baiknya bila info ini disebarkan ke banyak wanita sebagai tanda kepedulian kita terhadap sesama.
Jika pria yang menerima bbm ini, tolong di teruskan kepada rekan wanitanya.
seperti anak. Istri. Putri \ teman wanita.
semoga bermanfaat :)
------------- end copy paste hoax -------------
Masyarakat perlu mengetahui kebenarannya. Jangan kita mau saja diteror oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan entah tujuannya apa membuat teror publik melalui berita bohong seperti ini. Kenapa pentiing berita bohong ini berhenti penyebarannya? Karena dalam setahun bisa saja 6 kali atau 12 kali kesempatan bahwa masyarakat Indonesia ditemukan pada suatu kondisi tahu dan bayam dimakan bersamaan pada suatu waktu makan. Begitu umumnya makanan tahu dan bayam di Indonesia sehingga harus disabot oleh berita bohong.
Mari kita lawan balik berita ini.
Share berita Hoax Tahu Bayam ini di blog Anda atau ketika Anda menerima pesan mengenai Kista dari Tahu Bayam Dimakan Bersamaan, cantumkan alamat blog berita ini pada jawaban Anda (reply).
Terbersit pemikiran apakah ada orang yang ingin menguji seberapa bodoh kita dalam menerima berita yang seolah ilmiah? Mau merasa bangga berita ciptaannya diteruskan terus menerus? Apakah ini sabotase bisnis atau industri? Atau ada suatu negara yang ingin menyaksikan kebodohan bangsa ini? Saya menolak dengan tegas pembodohan semacam ini. Kita harus lebih pintar dari ini. Saatnya melakukan perubahan. Periksa dulu "berita yang seolah konten ilmiah" di Google. Jangan semena-mena meneruskan pesan tanpa memeriksa terlebih dahulu kebenaran pesan tersebut.
Semoga berhasil untuk Bangsa Indonesia.









4 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebenernya jgn blg iya dlu..atau mungkin jg blg ngga -.-
Zat apa sebenernya yg bikin iya memang menyebabkan,,
Dan yg blg gga,buktinya apa blg g,,
mmmmm

Unknown mengatakan...

Bayam tidak boleh dimakan sama singkong.
Nanti dapat menyebabkan kanker otak kronis.

Begitu tutur dr. Syarhani Soleha di kediamannya di bilangan Puri Kembangan. Hahahahahaha...

Tahun depan tempe dan kangkung dan madu. Atau sawi dan bubur ayam. Mungkin juga kita buat kombinasinya 3: somay pete dan ketan.

Bangsaku... bangsaku...
Kita paham negara kita ketinggalan pinternya. Ya jangam kelewatan aja.
Nah... Anda dan saya bisa membuat cerita seperti ini juga asal fokus 5-15 menit untuk hal itu. Gunakan daya imajinasi Anda, forward ke teman-teman sebanyak-banyaknya, nanti yang bodoh langsung percaya pasti menyebarkan cerita tersebut dalam 1 menit setelah dia membaca.

Unknown mengatakan...

http://sehatnesia.com/223/makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-bersamaan/ . Nah kalo yg ini? Gmn? Bynk bgt data makanan yg g boleh dimakan barengan??? Tiap makan hrs absen dong??? 😵

Unknown mengatakan...

http://sehatnesia.com/223/makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-bersamaan/ . Nah kalo yg ini? Gmn? Bynk bgt data makanan yg g boleh dimakan barengan??? Tiap makan hrs absen dong??? 😵