Selasa, 17 Mei 2011

8 Tahun Komunitas Penggemar Star Trek di Indonesia - WikiMu

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=18915&post=1

8 Tahun Komunitas Penggemar Star Trek di Indonesia

Selasa, 17-05-2011 07:03:38 oleh: Berthold Sinaulan
Kanal: Gaya Hidup


Bersamaan dengan penyelenggaraan kegiatan komunitas yang diadakan panitia World Book Day (WBD) 2011 di Jakarta, komunitas penggemar Star Trek di Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Indo Star Trek (Indonesian Star Trek Community) menggelar peringatan 8 tahun komunitas itu berdiri. Indo Star Trek memang termasuk salah satu komunitas yang cukup aktif mengikuti kegiatan pameran dan mengadakan acara di WBD dari tahun ke tahun.

Usia 8 tahun Indo Star Trek itu dihitung dari pertama kali dibukanya milis (mailing list) Indo Star Trek di yahoogroups. Sedangkan pertemuan tatap muka (first contact) antara para anggota milis terjadi 5 tahun lalu.

Komunitas penggemar Star Trek di Indonesia sebenarnya telah ada jauh sebelum itu. Pada pertengahan 1990-an telah terbentuk komunitas tersebut di Bandung dan Jakarta. Walaupun demikian, komunitas yang benar-benar "me-nasional", barulah setelah Indo Star Trek terbentuk.

Pada perayaan yang diadakan di Museum Mandiri, Jakarta Kota, Minggu (15 Mei 2011), puluhan anggota Indo Star Trek hadir. Mereka bukan hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari kota-kota lain, bahkan dari Pontianak, Samarinda, Solo, dan termasuk undangan khusus penggemar Star Trek yang datang dari Australia. Sebenarnya yang hadir itu hanya sebagian kecil, lainnya tak sempat hadir, karena bertepatan dengan libur panjang, sehingga sudah ada yang cuti ke luar kota.

Acara tersebut juga sempat diliput oleh sejumlah wartawan dari media massa cetak dan elektronik. Kehadiran para anggota Indo Star Trek itu juga cukup menarik perhatian para pengunjung Museum Mandiri, karena mereka mengenakan beragam jenis dan warna kostum yang bisa dilihat baik di film maupun komik kisah fiksi ilmiah Star Trek.

Dalam peringatan itu, juga diumumkan rencana untuk menerbitkan buku cerita pendek yang berisi kisah-kisah fiksi ilmiah. Ini merupakan kelanjutan dari penerbitan buku serupa yang telah terbit pada 2009. Mudah-mudahan penerbitan kali ini akan lebih berhasil dari sebelumnya. Live long & prosper Indo Star Trek!

(Foto-foto lebih lengkap dapat dilihat di:
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2057550760509.124138.1296819099&l=10b1918e9f)

 

Tidak ada komentar: